Perjalanan Gue selama 2011

Engga kerasa sekarang udah bulan Mei 2011. Tahun depan kalao engga kiamat Gue lulus & mulai masuk ke dunia kerja yang menjadi passion Gue selama ini, yaitu film. Sekarang Gue pengen mereview apa aja yang udah Gue buat selama Januari – April 2011 ini.

1. Meet and Greet Film Khalifah (5 January 2011)

            Ini adalah kewajiban Gue sebagai produser PREMIERE untuk membuat acara ini. Meskipun engga seribet Serigala Terakhir, tapi ini adalah tugas terakhir Gue di LSPR TV. Ingin sekali rasanya Gue bisa buat acara kayak gini setiap saat. Seru banget meski capek! Tapi yang paling utama adalah Gue pengen khususnya mahasiswa sekarang tuh lebih peduli sama film2 Indonesia.

Kami bersama cast Indra Herlambang

2. Acara Nobar Film Pendek ((Jangan) Katakan Cinta!, Anak2 Lumpur, Hari Tua, & Bye Lulla Lullaby) (7 January 2011)
            Lagi2 ini adalah kewajiban Gue sebagai produser PREMIERE. Tanggung jawab Gue. Sama seperti acara Meet and Greet, ini juga adalah tugas terakhir Gue. =( Jadi inget waktu awal2 kenapa Gue milih untuk muterin film2 pendek indie ini bukan film2 panjang yang udah pernah tayang di bioskop. Waktu itu setelah Gue menonton karya2 anak IKJ di Kineforum, Gue ngerasa film pendek engga kalah bagusnya kok dengan film2 di bioskop. Selain itu Gue pengen mengapresiasi para film maker indie tersebut. Karena dibuat secara indiependent, Gue mikir susahnya mereka untuk mendistribusikan film2 mereka agar ditonton orang banyak. Dan Gue pengen ini menjadi wadah untuk mengekspresikan karya seni mereka. Gue juga pengen orang2, khususnya mahasiswa tahu tentang film2 indie. Engga cuman film2 besar yang ada di bioskop aja. Bahkan Gue teramat sangat pengen suatu hari nanti Gue bikin acara nonton film indie ini secara rutin & ngebuat festival film yang isinya film2 indiependent. Gue pengen membantu mereka. Mereka harus punya tempat untuk memutarkan film2 mereka. Karena banyak dari para pembuat film indie yang begitu berbakat! Kalao Pak Jero Wajit engga mau peduli sama mereka, Gue mau!!

Mas Affandi Abdul Rachman (sutradara Pencarian Terakhir, Heart Break.com 1 & 2, The Perfect House) hadir dalam acara ini

3. Pemuteran film (Jangan) Katakan Cinta! di Bogor (16 April 2011)

            Ini acara sih dibuat oleh salah satu komunitas film di Bogor. Gara2 si Windy Gue baru tau kalo di Bogor juga ada komunitas filmnya. Biasanya mereka muterin film2 indie khususnya film maker yang berasal dari Bogor setiap pertengahan bulan. Ya, Gue sangat bangga dengan mereka! Mereka mengapresiasi para film maker Bogor. Visi mereka ternyata sama juga kayak Gue. Hehehehe. Karena Gue berasal dari Bogor, jadi Gue waktu itu dapet kesempatan untuk muterin film Gue di acara rutinan mereka. Gue seneng banget! Karena ini pertama kalinya film Gue keluar kandang selain diputer di kampus aja. Tidak lupa Gue mengucapkan terima kasih yang sebesar2nya kepada teman2 Gue yang sudah meluangkan waktunya untuk hadir di acara ini: Yeni, Vena, Vienty, Fendi, Ardian, Nelson, Lutem, Topiq, Ka Olga, Lia, Windy, Onald, Christa, Haning, & Goman. Kalian semua KECEE!!! =) Next screening? TRISAKTI bulan JUNI!!! Yeeeaaahhhhh!!!!





4. Menjadi Finalis LA LIGHTS INDIE MOVIE REGION JAKARTA (30 April 2011)


            Ajaib! 1 kata buat hal ini. Gue inget banget waktu Gue bikin sinopsis lomba ini dengan tema cinta. Idenya muncul 1 hari sebelum Gue balikin formulir. Karena waktu itu Gue bingung mau make yang mana ceritanya. Awalnya Gue pengen make cerita tentang cinta ayah kepada anak perempuannya. Cerita ini udah lama ada di pikiran Gue. Tapi waktu itu Gue baca di website mereka, sebisa mungkin ceritanya berkisah tentang cewe cowo. Akhirnya cerita pertama pupus sudah. Lalu Gue berpikir apa Gue pake cerita (Jangan) Katakan Cinta! aja yaa? Tapi tiba2 Gue ngerasa basi. Gue anggurin tuh formulir cukup lama. Tiba2 Gue dapet ilham sebelum deadline. Ya udah deh Gue pake yang ini aja. Padahal Gue udah hopeless banget. Engga ngarep bakal masuk. Eh ternyata Tuhan itu baik yaa kalao kita mau sabar pasti dikasih. Hari Sabtu, Gue udah rencana mau balik Bogor. Kebetulan karena Jumatnya Gue tidur subuh, bangunlah Gue siang. Seperti biasa cek HP, ada sms masuk, nomor tak dikenal, isinya bilang Gue lolos 50 besar. Anji**!! Engga mimpi kan Gue??? Gue telefon Rita sama Mami. Tapi mereka engga lolos. Si Ray sms, eh ternyata dia juga lolos 50 besar. Karena Gue ngerasa engga bakal masuk, jadi Gue engga prepare apa2. Modal doa doang kesananya. Sebenernya sih agak BT sama diri sendiri karena engga prepare. =( Setelah hujan deras yang tiada henti itu berhenti cusslah Gue ke PPHUI untuk audisi 10 besarnya. Gue dapet nomor 29. Gue harap ini nomor bawa hoki. Karena pas banget Gue punya planning kalao film panjang pertama Gue nanti di umur 29. Hehehehe. Si Ray dapet nomor 20. Sambil menunggu panggilan ngobrol2lah Gue sama Ray seputar film (kayaknya engga ada topik yang paling asyik selain ngobrolin film ato ngegosip yak? =P). Waktu pun berlalu, giliran Gue yang maju. Asli Gue engga tenang bukan karena deg2an kali ini atau dewan juri yang saat itu terdiri dari Mba Vivian Idris, Om Arturo GP, & Mba Lola Amaria. Tapi lebih karena Gue engga prepare, sedangkan si Ray yang cowo aja bisa prepare bikin slide. -_-” Waktu penjurian Gue bener2 kayak orang bego. Apalagi waktu pertanyaan pertama dari Om Arturo GP, ”Kamu pakai baju gambar apa Lady?” Ngeekkk?? Ini Gue audisi film atau audisi model? Saat itu Gue make baju band yang paling keren abad ini, Yeah Yeah Yeahs! /m\ Nah mulailah Gue ditanya2 soal cerita yang pengen Gue bikin. Mulai ga gu ga gu karena Gue aja masih bingung. Apalagi waktu ditanya adegan romantis apa yang pengen kamu bikin dalam film kamu nanti? Mampus! Yaa sudahlah Lady buang jauh2 harapan kamu sebagai finalis LA Indie Movie tahun ini. Besoknya Gue pikir adalah hari pengumuman 10 besar. Karena seperti tahun2 sebelumnya setelah audisi, besoknya diumumin para finalisnya melalui telefon. Seharian berharap menunggu ternyata Gue engga dapet telefon. Ya Gue pikir mungkin memang bukan rezeki Gue. Masuk 50 besar aja sudah syukur alhamdullilah. Hari demi hari Gue lalui. Di saat hari terakhir uts (Kamis, 12 May 2011), Gue, Adul, & Noey pergi makan sushi di Citywalk. Tak lama kemudian ada nomor yang tak dikenal menelefon Gue. Sebenernya nomor ini dari pagi menelefon Gue, namun tak sempat Gue angkat karena Gue ujian. Lalu Gue mengangkat telefon tersebut & sang penelefon mengatakan, ”Selamat Lady kamu masuk LA Indie Movie”. WHAAATTTT??? ENGGA MIMPI KAN GUE??? ”Loh bukannya pengumumannya harusnya sehari setelah audisi yaa Mba?”, tanya Gue. ”Oh engga, ini kita habis rapat kok”. Tuhan, terima kasih kuasa-Mu sungguh LUAR BIASA!!! Engga nyangka apa yang selama ini Gue impikan bisa terwujud. 2 tahun yang lalu Gue nekat buat ikutan audisi di Bandung karena yang audisi di Jakarta Gue ketinggalan namun Gue gagal. 1 tahun yang lalu Gue penasaran kriterianya apa sih dalam lomba ini. Lalu daftarlah Gue jadi volunteer & berkat Ka Ica Gue bisa keterima. Tahun ini Gue mencoba peruntungan Gue untuk ikutan lagi. Dan ternyata I got it!!! Seneng sekali apa yang Gue impikan dapat terwujud. Tapi ini hanya sebagian kecil dari apa yang Gue impikan. Masih ada mimpi besar yang ingin Gue wujudkan! Juni nanti Gue akan mulai buat breafing ini. *Ssssttt, ternyata bener kan kalao angka 29 itu angka keberuntungan Gue*      
    

Nah mimpi Gue lainnya sebelum lulus adalah pengen bikin 1 film pendek lagi. Menurut Gue masa remaja Gue harus dimanfaatkan sebaik mungkin, yaitu dengan membuat karya sebanyak - banyaknya! Karena katanya ketika lo masuk ke dunia kerja, ide2 lo akan dibatasi & harus berkompromi dengan berbagai alasan. Ide untuk bikin film lagi sih udah ada di kepala Gue. Lagi coba ngolah scriptnya. Tinggal eksekusinya aja kapan & nyari partner yang mau patungan dana. Doakan yaa teman2!!! 

Tidak ada komentar: