Find Your Way Into Film by Joko Anwar


Akhirnya setelah sekian lama engga ngeblog karena engga ada waktu dan engga ada mood, gue ngeblog juga hari ini. Hehehehe. Kali ini gue ngebahas soal pertanyaan banyak orang ke gue. Gimana sih caranya masuk ke dunia film? Sebenarnya gue agak bete dengan pertanyaan ini. Bukannya pelit ilmu, tapi buat gue ini agak aneh. Di zaman serba canggih ini, lo masih nanya gimana caranya masuk ke dunia film??? Dulu gue engga pernah nanya ke orang gimana caranya masuk ke dunia film, tapi gue mencari cara gimana gue bisa masuk ke dunia film. Ikutan workshop film, sok akrab sama film maker di sosial media, bikin komunitas film, dll. Selain itu, plis jangan minta ikutan syuting sama gue. Mintalah sama film maker beneran (yang punya kualitas tentunya). Gue ini bukan siapa-siapa. Gue juga masih belajar. Mintalah magang sama para film maker langsung atau lo cari kenalan anak IKJ dan mintalah ikutan syuting tugas mereka. Kalau mintanya ke gue duang sih, belum tentu gue produksi film pendek sekarang, bisa 2 tahun lagi kali.
            Karena pertanyaan-pertanyaan itulah, kali ini gue mau share soal bagaimana terjun ke dunia film dari ikutan workshop bang Joko Anwar waktu di SAE. 
 
 
ö First requirement: LOVE MOVIES
 
Kata bang Joko, kalau lo mau jadi film maker syarat pertama adalah LOVE MOVIES. Kalau orang udah cinta sama film, udah passionate sama film, lo bakal cari cara terjun ke dunia film. Bukan sekedar bertanya gimana sih caranya masuk ke dunia film? Tapi sudah bikin planning dan sudah mencari informasi.
 
ö The Truth about Career in Filmmaking
- No checklist for success
- No paths are alike
- It can happen overnight or never at all
 
ö The Problems:
 
 
- The naysayers “you can do it”
- Many competitors
- You don’t know anybody
- You have to make money while keep trying
 
SO HOW?
 
 
ö Start Doing It on Your Own
- Build your portfolio
Bikinlah film pendek sebanyak mungkin! Apalagi dengan teknologi digital sekarang ini  yang mempermudahkan orang untuk memproduksi film pendek!
- Make yourself
 
ö Tips
- You can make short movie on zero budget
- Find a good story
- Find friends who can act naturally
 
ö Build Your Connection
- Formal informal gathering
Belakangan ini, ada sebuah tempat nongkrong di Kemang yang menjadi  tempat berkumpulnya para film maker, yaitu Reading Room. Mungkin jika kamu ada waktu silahkan kamu kesana dan beranikan dirimu mengajak mereka berkenalan.
- Internship
Followlah twitter para film maker yang mempunyai kualitas bagus. Mereka akan ngetwit kalau mereka membutuhkan anak magang pada produksi film mereka. Silahkan baca pengalaman saya ketika magang di film Modus Anomali:  http://blognyalady.blogspot.sg/2011/10/magang-modus-anomali-yihhhaaaa.html
 
ö Tips on Informal or Formal Gatherings
- Be humble but a good marketers
- Don’t be pushy
- Know the social etiquette on film circle
 
ö Tips for Internship
- Find reputable company film makers
- Take what ever position available
- Be reliable every reliable
 
ö The qualities of a film person:
- Work ethics
- Responsible
- Creative problem solving
 

So, SELAMAT MENGEJAR MIMPIMU!

Tidak ada komentar: