Di Balik Cerita "Si Manis Panggung Malam"



Ketika Gue mengetahui di semester 4 ada mata kuliah TV Film Production, Gue exicted abies! Karena pasti bakal seru belajar film. Hoorrreee! Apalagi yang ngajar adalah salah seorang public figure yang udah punya nama, Pak Arswendo. Nah begitu dikasih tau bahwa per kelas akan membuat sebuah film pendek dokumenter, Gue semakin menggebu – gebu! Meskipun Gue pengennya bukan dokumenter. Lalu tiap anak disuruh maju satu persatu untuk mengeluarkan ide cerita. Nah nanti tiap ide cerita itu dipilih berdasarkan voting. Dalam memilih ide cerita agak memakan waktu yang lama (bahkan sama proses produksinya aja lamaan milih cerita). Tadinya ide cerita yang kepilih adalah tentang Green Canyon. Hadohh dalam hati Gue heran sama orang2 yang milih ide ini. Udah jauh, ceritanya bingung mau dibuat apa, susah dah pokoknya. Mikirnya jalan2nya ajaa sih. Mending waktunya yang dikasih panjang. Ini udah mepet tikat tinggi. Waktu voting Gue sempet bingung milih antara ceritanya Rani tentang Alay atau Novi tentang Ronggeng atau Hanum tentang Autis atau Alvin tentang MoGe. Waktu voting make kertas Gue akhirnya milih cerita Rani. Tapi pas voting tangan Gue milih cerita Novi. Engga tau kenapa pada akhirnya Gue prefer sama cerita Novi. Nah habis itu dipilihlah crew intinya sama President Class si Berdho. Temen2 sekelas Gue hampir semuanya tau kalao Gue mang passion sama film banget and pengen jadi sutradara. Akhirnya kepilihlah Gue untuk jadi sutradara. Hmm Gue sempet bingung. Can I do this? Karena Gue engga terlalu suka sama dokumenter. Karena Gue takut hasilnya kagak maksimal. Belum lagi Gue mikirin film pendek Gue yang PREMIERE. Apa bisa Gue ngejalanin dua2nya? Sampai pada akhirnya Gue sempet ngundurin diri dan bilang sama Berdho kalao Gue jadi Script Writer ajaa. Sampai suatu hari ada seorang teman yang bercerita kalao ada seorang teman kelas Gue yang Gue bilang egois, engga mikirin nasib film kelas. Malah lebih mikirin film yang bukan buat nilai. Darisitu Gue gondok. Sebenernya kalao temen Gue ngarep banget sama Gue tuh salah. Toh Gue juga lom pernah jadi Director. Dokumenter pulaaa. Gue juga masih harus belajar banyak lagi cuy! Sampai pada akhirnya Gue bilang ke Berdho ya sudah Gue aja yang jadi Directornya. Kebetulan juga rata2 anak PREMIERE Gue kan jurusan Mass Communication, jadi pada sibuk juga bikin tugas film kelas. Akhirnya syuting PREMIERE diundur. Terus Gue hubungin Ko Guntur untuk membimbing Gue (maklum dosen Gue kagak bisa ngajar., so Gue kagak jadi exicted dech sama Dia!). Hehehehe. Nah lalu ketika ngomong sama anak2 kelas, kita ada masalah sama ceritanya. Waktu itu kan yang kepilih ceritanya Green Canyon terus anak – anak sempet rada bingung kalao misalnya ceritanya bukan itu boleh diganti engga. Mana beberapa minggu waktu ntu Pak Arswendonya engga ada. Capeee deehhh. Lalu diujung waktu, cerita jatuh pada pilihan antara Ronggengnya Novi atau Balap Bajaj yang muncul tanpa diundang tuch ide oleh Mas Gugum. Masalahnya kalao Ronggeng kita harus bayar 1 juta. Tapi kalao Bajaj waktu yang kita punya udah mepet. Sedangkan waktu Ronggeng kita udah sempet riset segala. Mentor Gue agak masalah sama Ronggeng karena harus bayar. Tapi ketika Gue bilang anggap ajaa dua2nya gratis. Dia milih Ronggeng. Yoweislah Ronggeng pun terpilih untuk menjadi ide cerita kelas. Dan Gue pun mulai nonton film – film dokumenter buat refrensi. Agak sedikit susah mencarinya sih. Ini adalah film dengan persiapan super kilat. Wuakakakak. Naskah jadi 1 hari. Syuting 3 hari. Ngedit 4 hari. Talent Gue si Penari Ronggeng, Mba Aas, agak2 ogah2an pas syuting. Hufh. 



Hari Pertama kita syuting siangnya wawancara narasumber di IKJ, Ka Hasanah. Thanks for Billy IKJ yang udah bantuin masang kamera di saat sang kameramen datang terlambat dan sang narasumber udah mau pergi. Sorenya baru ke Jatinegara lagi sampai jam 2.30 pagi!!! Yang kocak, dulu kan lagu Cinta Satu Malam belum booming, jam 2 an itu penyanyi nyanyiin itu lagu mulu “Cinta satu malam ohh indahnyaa… cinta satu malam buatku melayang”… Anak2 pada mabok sama itu lagu. Itu ada kali ½ jam an dinyanyiin non stop. Puyeng kagak tuch dengernya? Anak2 pada cekikikan dengernya. Besok paginya pas mau berangkat syuting si Jay pagi2 bilang denger itu lagu di Inbox dengan penyanyinya Keke. Hahahaha. Malamnya, kita pada punya rencana untuk nyawer dan request lagu Cinta Satu Malam. Ajiiibbbb!!! Turunlah Gue, Jay, Ragba, Gugum, Chika, Echa, Novi, Adul, Dina, Noey buat joget2. Seruu! Tapi engga semuanya yang turun ke panggung. Sisanya pada mendep di belakang dah. Yang kocak itu para penari sama penyanyi ngelihatin kita dari atas panggung asyik2 joget. Gokil cuy! Wuakakakak. Apalagi paling yahud pas lampunya dimatiin kayak lampu disko! Wuiihhh! Kapan lagi Gue ngerasain jadi Bajidor (sebutan para penyawer)?? Sekali seumur hidup cing! =) Hari kedua jam 12 malam kita udah pada balik. 


Tinggal hari terakhir kita ke kampungnya Mba Aas buat adegan kehidupan normal Dia bersama anaknya di kampungnya di Cikarang. Pas Gue ke rumahnya, kok bagusan rumahnya yak daripada di rumah Jatinegara?? Nah pas disini kita make anaknya bukan anaknya asli. Maklum anak kampong, jadi agak2 malu kalao di depan kamera. Akhirnya kita make cucunya si Mami yang punya itu Jaipong Munggaran. Waktu yang kita punya mepet, Jam 3 an baru sampai sana, jam 6 udah harus cabut lagi gara2 Mba Aasnya mau pentas. Dan selesailah sudah. Ternyata kalao di dokumenter naskah cuman sebagai badannya aja. Bahkan ketika syuting apa yang ada di naskah bisa engga keambil karena masalah teknis (gelap) dan bisa aja ditambahin karena ada kejadian yang unik saat syuting. Masuk proses editing, Gue harus nginep 4 hari di rumahnya Ka Aidil. Si Gugum udah kayak supir Gue aja nganter baik kampus Ciledug – Ciledug kampus. Hahahaha. Thank You banget. Untung ada lo Gum! Ingat, TOTALITAS! Editor Gue untung udah jago tingkat kelas tinggi. Masalah pas di editing adalah ada beberapa video yang engga ke copy sama Gugum. Eerrr. Ya sudahlah kalao kata judul lagunya Bondan yang baru. Terus yang kedua adalah Gue harus adaptasi waktu tidur. Jadi buat Editor Gue pagi itu untuk tidur, malam untuk bangun. Haddooohhh Gue engga bahan ngantuknya. Pernah saking ngantuknya lagi nonton videonya, tiba2 dalam sekejap engga sadar Gue tertidur pulas di kursi. Si Gugum lebih ngocol lagi pas hari ketiga ngedit. Ka Aidil: ”Udah Gum nginep aja. Kasihan si Lady sendirian”. Gugum: ”Engga ah Ka. Mau balik aja”. 10 menit kemudian ketika Gue dan Ka Aidil sedang fokus ngedit terdengar suara ”Ngrookkk...” Eng Ing Eng... Tidurlah si Mas Gugum dengan pulas dan wajah tidak berdosa. Mana pas hari kedua Gugum nyetir motor sambil ngantuk mau nabrak mobil. Buru2 teriaklah Gue. Masih mau hidup Gue!! Pas hari terakhir, Dimas After Class juga ikutan nginep. Kocak dah tuh orang. Kan si Ka Aidil ketiduran  Terus Gue bilang ya udahan aja dech. Guenya juga engga ngerti editing. Dimas dengan kekehnya mau coba. Ya udah akhirnya Gue tinggal ke kamar sebelah. Pas gitu Gue ngerasa engga nyaman tidur di kamar sebelah, Gue balik lagi ke kamarnya Ka Aidil. Balik2 eh si Dimas dah tidur2an di ranjang. Geblek. Sok2an mau ngedit. Huahahahahaha. 
Tanggal 22 Juli, ujian Film pun tiba. Hasilnya cukup puas buat Gue. Kelihatanya begitu juga buat dosen Gue. Karena tema yang ditawarkan oleh kelas Gue beda dengan yang lainnya. Minimal A lah di tangan. Hahahaha. Secara nilai tugas sama MID bagus semua. Eh pas cek nilai dapetnya A-. B*bi. Ngajar juga kagak! Huh! Tapi yang penting dari itu semua adalah kebersamaan dengan anak2 MC 12 – 10B. Kalao kata Adul “Ngakak To The Max!” Keep kompak yaa Guys!! Love You all!!

Tidak ada komentar: